Pages

Thursday, November 3, 2016

Manfaat Olahraga

Olahraga adalah sebuah kata yang sangat umum sekali kita dengar. Bagi sebagian orang, mungkin kata ini memiliki makna sesuatu yang sangat menjemukan. Namun bagi sebagian yang lain kata ini dapat berarti sebuah hobi yang begitu mengasyikan. Motivasi dalam melakukannya pun beragam, ada yang berlatar belakang hobi terhadap salah satu cabangnya dan ada pula yang melakukannya karena tuntutan kesehatan.

Terlepas dari motivasinya, olahraga terbukti memiliki berbagai macam manfaat. Seperti dilansir laman National Geographic Indonesia, setidaknya ada tujuh manfaat olah raga sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kapasitas Otak.
Menurut David Atkinson direktur dari Cooper Venture Development Program, Dallas, Amerika Serikat, “Olahraga mampu meningkatkan level energi dan serotonin di dalam otak. Seretonin adalah hormon di otak yang berfungsi mengontrol mood dan suasana hati serta mengatur pemahaman. Jika serotonin di otak meningkat, maka emosi Anda juga akan lebih stabil”. Hal ini juga dapat meningkatkan produktifitas kerja di tempat kerja. 

2. Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular.
Olahraga secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (Trigliselida) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL : High-Density Lipopprotein) dalam tubuh. Dampaknya bagi tubuh adalah meningkatnya efektifitas fungsi jantung dan kerja sistem kardiovaskular. Manfaat lainnya dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah.
3. Melawan Penuaan.
Dengan hanya berolahraga ringan seperti berjalan kaki dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada perempuan lanjut usia, begitu kata Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Universitas Arizona.

4. Mencairkan Stres.
Kecenderungan kita saat stres adalah melakukan hal-hal yang tidak sehat, seperti ngemil, makan berlebihan dan shooping. Hal ini mungkin dapat menurunkan kadar stres kita, namun aktifitas ini juga berpotensi untuk membahayakan tubuh dan dompet kita.

Akan lebih aman jika kita berlolahraga, karena olahraga mampu memberikan efek relaksasi yang bisa mengurangi stres dan meningkatkan level kebahagiaan kita.

5. Melawan Penyakit.
Manfaat selanjutnya adalah olahraga dapat memperlambat dan mencegah berbagai macam penyakit. Dari mulai penyakit-penyakit kelas kakap seperti diabetes, stroke, jantung, kolesterol dan darah tinggi sampai penyakit ringan misalnya flu.

6. Memperbaiki Diet.
Saat berolahraga, otot-otot tubuh membakar lebih banyak kalori sehingga metabolisme tubuh pun meningkat. Dengan meningkatnya metabolisme, maka pola makanpun jadi ikut sehat. Keuntungan lainnya adalah kita dapat menikmati setiap makanan favorit kita, namun perlu diingat untuk tidak berlebihan saat mengonsumsinya.

7. Membangun Hubungan.
Olahraga tak hanya memberikan manfaat untuk fisik semata melainkan juga membuat hubungan personal Anda dengan orang lain lebih harmonis. Coba saja berolahraga bersama orang-orang yang Anda cintai, seperti kekasih, keluarga dan teman-teman secara rutin, Anda pasti akan merasakan hubungan yang lebih dekat dan sehat. Ini yang dikatakan Atkinson.

Demikianlah, ternyata begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berolah raga. Sebuah aktifitas yang tidak harus selalu mahal dan dapat dilakukan kapanpun dimanapun. Jadi, mari kembangkan motivasi kita untuk berolahraga, jadikan aktifitasnya sebagai gaya hidup. 

No comments:

Post a Comment