Pages

Friday, October 26, 2018

Ternyata Seperti inilah Generasi Milenial (Anda harus tahu!)


Generasi milenial, akhir-akhir  ini menjadi sangat populer dan fimiliar di telinga kita. Tapi apa sebenarnya generasi milenial ini, siapa mereka sebenarnya ?

Generasi milenial sebenarnya merupakan salah satu pengelompokan manusia berdasarkan era kelahiran mereka. Teori pengelompokan ini pertama kali di perkenalkan oleh seorang sosiolog bernama  Karl manheim pada tahun 1923.

Melalui esai nya "The Problem of Generations", Manheim mengenalkan teorinya tentang generasi. Menurutnya manusia-manusia didunia ini akan saling mempengaruhi dan membentuk karakter yang sama karena melewati masa sosio sejarah yang sama.

Misalnya manusia-manusia jaman perang dunia II dan manusia pasca perang dunia II pasti memiliki karakter yang berbeda, walaupun saling memepengaruhi.

Menurut teori ini, secara garis besar manusia di bagi menjadi 2 generasi, yaitu Generasi Perang dan Generasi pasca Perang Dunia II

Termasuk yang mana generasi milenial ini ?

Generasi milenial ini termasuk ke dalam kelompok generasi Pasca Perang Dunia II. Sebagian bilang yang termasuk generasi ini adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1980 an sampai 1997. 

Generasi ini dinamakan generasi milenial karena inilah generasi satu-satunya yang pernah melewati milenium ke dua.


Apa yang istimewa dari generasi milenial ini ?

Selain satu-satu nya generasi yang melewati milenium ke dua, pada masa ini juga penggunaan teknologi sudah sangat umum. Komputer, video game's, dan smartphone adalah hal yang wajib bagi generasi ini.

Editorial koran besar Amerika Serikat bulan Agustus 1993 menyebut generasi ini dengan sebutan generasi "Y" . Generasi yang banyak memanfaatkan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instant messaging dan media sosial seperti facebook, line, path, instagram, whatsapp, dan twitter.

Bagaimana selanjutnya ?

Selanjutnya adalah generasi yang disebut dengan iGeneration (internet generation), yaitu generasi Z

Lalu ada generasi Alpha, generasi yang konon merupakan generasi yang sangat terdidik.

Jadi, termasuk generasi yang manakah anda ?!




Referensi :
  • Generasi Z ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... wikipedia.org 
  • Selamat tinggal generasi  ... ... ... ... ... ... ... ... ... tirto.id 

No comments:

Post a Comment