Pages

Thursday, November 8, 2018

Musibah Lion Air JT-610 (Seberapa Amankah Naik Pesawat)


Musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga korban. Proses evakuasi bangkai pesawat dan pencarian jenazah korban pun terus dilakukan.

Bagaimana sebuah pesawat yang katanya baru dan memiliki teknologi canggih dapat mengalami kecelakaan tragis seperti itu ?

Lalu bagaimana, masih amankah transportasi udara digunakan ?

Bagaimana pesawat bisa jatuh, hanya hasil investigasi lah yang nanti akan menemukan jawabannya.

yang jelas, menurut saya sebuah kendaraan dengan bobot yang sangat berat dengan membawa ratusan penumpang ditambah lagi barang bawaan di bagasinya bisa melayang diudara, ini merupakan keajaiban ilmu pengetahuan.


Tapi jika berbicara aman atau tidak nya,  kita bisa lihat kesimpulan data statistik yang disampaikan oleh para ahli. Baru setelah itu bisa kita tentukan.

Seperti apa datanya ?

Menurut republika.co.id, sebuah studi dilakukan oleh Universitas Northwestern pada tahun 2001 yang membandingkan antara kecelakaan mobil dengan pesawat.

Hasilnya dikatakan setiap 1 miliar mil perjalanan dengan mobil terdapat 7,2 orang meninggal, sementara pesawat hanya 0,07 orang. 

Data kecelakaan penerbangan yang ditulis National Transportation Safety Board menjelaskan, tahun 2008 statistik awal menunjukan hanya terjadi 20 kecelakaan untuk maskapai penerbangan AS yang beroperasi layanan terjadwal.

Artinya, hampir nol kecelakaan perjuta mil terbang. Tidak ada yang meninggal, dan hanya 5 orang mengalami luka berat.

Ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil yang mencapai 5 juta kecelakaan seperti dilansir laman USA Today.

Menurut channel4, kecelakaan pesawat terjadi pada rasio 1:1,2 juta !! (tiket2.com

Kesimpulannya jelas ya, secara angka naik pesawat jauh lebih aman dari pada mengendarai mobil.

Selain itu, setiap terjadi kecelakaan pesawat akan dilakukan investigasi secara menyeluruh. Ini tujuannya utamanya bukanlah untuk mencari siapa yang salah, 

tapi "untuk menentukan situasi dan kondisi penyebab kecelakaan, dengan maksud untuk menyelamatkan kehidupan dan menghindari terjadinya kecelakaan di masa depan"

Setidaknya itu yang tercantum dalam Annex 13, semacam kitab undang-undang proses investigasi kecelakaan pesawat terbang.

Lalu apa yang membuat transportasi ini menjadi yang ter-aman ?

Ini tidak akan terlepas dari standar keamanan yang tinggi, teknologi yang maju, serta sistem yang terintegrasi. 

Bagaimana, masih takut naik pesawat ? 


Artikel Terkait :


3 Water Landing Tersukses Sepanjang Masa (salah satunya di Indonesia).

Ternyata tidak semua insiden transportasi udara berakhir bencana. Siapa saja yang berhasil selamat, dan bagaimana ceritanya ? ...

Read more >> ... 

No comments:

Post a Comment